DESTINATIONS / TRAVEL

PIAYNEMO, BENTANGAN KARST SEPANJANG HORIZON FAVORIT MEDIA SOSIAL

Menapaki 300-an lebih anak tangga, beristirahat sejenak pada platform dengan riuhan kicau burung-burung kecil diantara batang-batang pepohonan, terpampang sejauh mata memandang, batu-batu karst diatas permadani biru lembayung dan hijau toska. Dulunya mendapat julukan yang buruk dan mistis, kini lokasi favorit media sosial lokal dan mancanegara.

DES 26, 2021

469

Raja Ampat, - Sepertinya bukan omongan kosong belaka jika mengatakan bahwa diantara spot-spot wisata di Raja Ampat, Topview Piaynemo adalah spot wisata paling populer milik Raja Ampat. Hal ini karena objek wisata berbentuk panorama ini paling sering bertengger di beranda media sosial netizen Indonesia maupun mancanegara yang telah mengklaim dirinya berlibur di Raja Ampat.

Arsul

Geopark Raja Ampat


Foto: Presiden Joko Widodo menikmati keindahanPoint View Piaynemo

Mulai dari selfie, wefie, pre-wed, full-scale landscape, bahkan hingga atraksi maupun aksi-aksi aneh para netizen nyaris telah di”coba” pada dua platform dipuncak bukit karst Piaynemo. Fenomena zaman now ini tidaklah mengherankan, karena bentangan pulau-pulau Karst yang sekilas tersusun tidak beraturan ini menciptakan panorama indah diatas permukaan laut yang memiliki gradasi warna dari hijau toska ke biru muda dan, sepertinya memiliki efek magis bagi siapapun yang melihatnya kemudian muncul keinginan ingin segera mengabadikan dengan kamera yang dimiliki.

Untuk menikmati pemandangan indah ini, wisatawan diajak untuk menjajaki kurang lebih tiga ratus anak tangga hingga ke puncak. Setelah dikembangkan dan dikelola dengan baik oleh Kelompok Pengelola Geowisata Piaynemo, kini terdapat rute masuk dan keluar untuk memudahkan wisatawan agar tidak terjadi kerumunan dan kemacetan dijalur anak tangga ini. Juga pada sepanjang jalur ini terdapat gazebo dan rest area yang dapat digunakan wisatawan untuk sekedar beristirahat melemaskan kaki atau menunggu giliran, karena platform dipuncak Karst memiliki batasan jumlah wisatawan yang diperbolehkan berada diatasnya. Biasanya, hal ini akan diingatkan oleh masing-masing tur guide yang menemani para wisatawan.

Setelah puas berfoto dan mengabadikan momen diatas puncak Topview Piaynemo, wisatawan pun diajak menikmati suguhan kuliner lokal yang terdapat pada stan-stan masyarakat. Para penjaja kuliner lokal ini berasal dari tiga kampung yang berada disekitar objek wisata Piaynemo, yaitu kampung Saupapir, Pam, dan Saukabu. Tidak lengkap rasanya kalau mengunjungi objek wisata Piaynemo dan tidak merasakan air kelapa muda dan panganan lokal khas dari tiga kampung ini.

Situs Geopark kebanggaan Raja Ampat ini pun telah dikunjungi oleh Presiden ke-enam, Joko Widodo bersama istrinya, Iriana Joko Widodo dalam salah satu kunjungannya ke Raja Ampat. Dalam kunjungannya itu, Jokowi menguatkan lagi status Piaynemo ini sebagai spot wisata favorit unggulan Indonesia. Topview Piaynemo pun tahun lalu, tepatnya pada tahun 2019 menyabet juara dalam Indonesia Sustainable Tourism Awards atau ISTA dalam Kategori Pengelolaan Destinasi Berkelanjutan dengan peringkat Green Gold.

©2022 Raja Ampat Geopark Management Body.

All Rights Reserved.

en_USEnglish